Sabtu, 26 Januari 2013

DAFTAR ISTILIAH PEMULIAAN TANAMAN

TUGAS PEMULIAAN TANAMAN

  1. Yang dimaksud dengan :
a. Genetika          : Ialah ilmu yang mempelajari tentang sifat – sifat organisme dan pewarisan kepada keturunannya.
b. Sitogenetika     : Ialah ilmu yang mempelajari ( mengutamakan )aspek – aspek genetika yang berhubungan erat dengan sel.
c. Pemuliaan tanaman : Ialah gabungan antara teknologi dan seni untuk memanipulasi gen maupun kromosom pada tanaman dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan genetik tanaman ( keragaman genetik ) sehingga sifat – sifat tanaman menjadi lebih mulia dan lebih berguna sesuai dengan keperluan manusia.
d. Galur murni      : Ialah keturunan hasil penyerbukan sendiri dari individu homosigus tunggal ( yang memiliki sifat homozigot tunggal )
e. Monohibrida    : Ialah persilangan antara dua tanaman yang memiliki satu sifat beda
f. Dihibrida           : Ialah persilangan antara dua tanaman yang memiliki dua sifat beda
g. Gen                  : Ialah unit terkecil bahan ( dari ) sifat keturunan yang membawa sifat berbeda pada kromosom pada sel dari suatu individu
h. Kromosom       : Ialah
i.  Lokus              : Ialah letak sel pada kromosom
j.  Seleksi             : Ialah memilih bahan tanaman ( benih, atau bibit ) yang mempunyai nilai positif dengan tujuan untuk memciptakan varietas baru dan untuk memperoleh populasi yang mempunyai adaptasi umum dan khusus.
k. Alel                  : Ialah satu bagian dari sepasang gen
l.  Dominan          : Ialah sifat suatu individu yang muncul ( menguasai ) yang diwariskan dari suatu tetua yang mana sifat ini tampak
m. Resesif            : Ialah sifat suatu individu yang tidak tampak atau tersembunyi
n. Fenotif             : Ialah merupakan hasil interaksi antara genotif dan lingkungan, yaitu suatu sifat genetik yang tampak dari luar atau oleh kasat mata, mis ukuran, warna daun, bentuk lidah daun.
o. Genotif             : Ialah suatu sifat genetik yang tdk tampak dari luar mis, rasa
p.  Aklimitasasi     : Ialah penyesuaian organisme terhadap iklim tempat baru ( dimana dalam hal ini tidak terjadi perubahan organ / bagian tanaman)
q. Denaturasi        : Ialah penyesuaian organisme terhadap iklim dalam hal ini terjadi sedikit perubahan dalam struktur protein
r. Plasma nutfah    : Ialah melestarikan jaringan ataupun genetik tanaman yang kondisinya hampir punah dan sifatnya ke homozigot ( kumpulan ribuan / bank dari 100 genetik tanaman )
s. Introduksi         : Ialah memasukkan bahan genotif baru dari luar ke dalam suatu daerah / negara yang berbeda iklimnya dengan tujuan untuk memperoleh varietas baru
t. Karakter kualitatif     : Ialah sifat atau penempilan suatu organisme ( tanaman ) yang mudah dibedakan, yang didukung oleh gen sederhana dan kurang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
u. Karakter kuantitatif  : Ialah penampilan atau sifat yang susah atau tidak dapat dibedakan dalam kelas tertentu misal tinggi tanaman, hasil produksi, karakter ini didukung oleh banyak gen dan sangat dipengaruhi oleh lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar